Lembar Refleksi Terkait Konsep Pemikiran Pendidikan Indonesia

Pertanyaan panduan tulisan reflektif kritis Anda terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD: 

1. Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

2. Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

3. Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

Jawabannya:

1.   Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

 

Menurut pemikiran saya tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) adalah sangat pentingnya mengembangkan diri saya dalam dunia mendidik. Karena pemikiran dari Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu contoh yang patut untuk teladani karena beliau sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, yang berjuang demi menciptakan Pendidikan di Indonesia yang Merdeka. Dan beliau berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan yang ada di seluruh Indonesia.

 

Pemikiran dari Ki Hajar Dewantara memberikan saya Motivasi untuk memberikan inspirasi untuk mendidik dan dapat menjadi contoh yang baik untuk siswa-siswi saya kedepannya, dalam mencerdaskan, dalam berbahasa, dalam ber-etikad serta menghargai beragam budaya yang ada di Indonesia.

 

Ki Hajar Dewantara juga mengajarkan betapa pentingnya Pendidikan dalam kehidupan, karena Pendidikan mengajarkan tentang etikad,dan budi pekerti. Sebagai seorang guru saya harus mampu menginspirasi dan menarik simpatik siswa-siswi saya dalam mengembangkan semangat untuk belajar sehingga siswa tersebut dapat berkembang dengan baik, dalam mencapai prestasi yang baik.

 

Ki Hadjar Dewantara juga mengajarkan tentang "ing ngarso sung tulodo" juga sangat penting dalam pendidikan. Pemikiran tersebut juga mengajarkan tentang betapa pentingnya kepemimpinan dan kemampuan untuk memimpin diri sendiri. Sebagai seorang pendidik, saya harus mampu mengembangkan kepemimpinan diri dan membantu siswa-siswi dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan dalam dirinya,  Dan harus mampu memotivasi siswa untuk bisa berfikir lebih kreatif  dalam menghadapi masalah-masalah

Sebagai calon guru penggerak saya juga harus memahami betapa pentingnya Pendidikan seperti yang beliau cita-citakan, karena hal tersebut mengajarkan kita untuk bisa lebih menghargai keberanekaragaman budaya untuk kurikulum merdeka belajar, dan mampu memanusiakan manusia yang berbudi pekerti dan berkarakter sehingga membentuk siswa yang mampu menghadapi berbagai tantangan kedepannya.

 

2.   Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

 

Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan dan pengajaran memiliki relevansi yang sangat penting dengan konteks pendidikan untuk Indonesia begitu juga dengan konteks pendidikan di sekolah saya.

 

Seperti yang sering kita lihat begitu banyak kejadian dalam dunia Pendidikan yang ada di Indonesia tentang betapa tidak meratanya dunia Pendidikan, sehingga kualitas Pendidikannya dibawah rata-rata, yaitu kurangnya perhatian dalam keanekaragaman dalam berbudaya, sehingga terjadi tidak ada keseimbangan, sehingga sering muncul ke salah pahaman dalam berbudaya. Nah, Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut maka betapa pentingnya peran Pendidikan untuk mencerdaskan dan menghargai budaya maka peran Pendidikan harus mampu menciptakan Pendidikan yang merdeka.

 

 

Ki Hajar Dewantara juga relevansi dalam mengatasi tantangan tentang rendahnya semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga membangkitkan semangat belajar siswa, melalui merdeka pembelajaran dalam kehidupan nyata serta pengalaman nyata. Melibatkan siswa aktif dalam membantu meningkatkan semangat belajar dengan Pendidikan yang mencerdaskan dan menghargai budaya bangsa.

 

 

3.   Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

 

Sebagai seorang calon guru penggerak, saya harus memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai pendidik. Sehingga saya bisa memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidang studi yang saya ajarkan, sehingga membantu siswa dalam mengembangkan ke ahlian mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran. Saya merasa pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) lebih mengedepankan Pendidikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran maka dari itu saya pun berharap bisa menjalankan aktivitas tersebut dalam Pendidikan merdeka belajar.

 

Tetapi dalam menjalan tugas mengajar  saya juga sering mengalami kendala dalam mengajar, karena keterbatasan dalam penyediaan barang berupa aplikasi dan media pembelajaran. Karena kurangnya hal tersebut sehingga untuk mencapai tujuan pembelajaran kadang saya belum cukup mampu untuk mencapai tujuan. Namun dengan adanya pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) dapat membantu saya dalam memberikan pembelajaran yang merdeka kepada siswa yang saya didik sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang lebih memadai, tentunya membantu siswa tersebut dalam memiliki ilmu keterampilan dan pengetahuan.

 

Sehingga mereka dapat menjalankan pembelajaran dalam kehidupan sehari-harinya mereka dalam masalah-masalah yang nyata. Dan siswa tersebut dapat menemukan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan cerdas, sehingga bisa membantu siswa tersebut mengembangkan kreativitas belajarnya.

 

Untuk itu sebagai calon guru penggerak saya harus lebih banyak belajar lagi untuk bisa lebih memahami pemikiran-pemikiran KHD, agar bisa membantu siswa-siswi saya dalam pembelajaran yang lebih kreatif dan berkaraka

Comments

Popular posts from this blog

PUISI

PPG - Lembar Aktivitas 1

Lembar Aktivitas 3